Monday, July 3, 2017

Lomba Renang Phelps vs Hiu, Siapa yang Menang?


Jakarta - Tak ada yang meragukan kehebatan Michael Phelps dalam berenang. Tapi saat Phelps diadu dengan seekor hiu, siapa yang lebih cepat?

Lomba renang antara Phelps dan seekor hiu putih merupakan bagian dari program Shark Week di saluran Discovery. Bertajuk 'Phelps vs. Shark: Great Gold vs. Great White', balapan itu akan mengadu kecepatan Phelps melawan hiu putih dalam lomba renang 100 meter.

Adu kecepatan itu tentu saja tak dilakukan di sebuah kolam renang layaknya di Olimpiade. Phelps dan si hiu berenang di perairan terbuka di Afrika Selatan --tentu saja-- secara terpisah. Catatan waktu keduanya lantas dibandingkan.

Secara alamiah, Phelps jelas tak bisa menandingi kecepatan hiu. Atlet tersukses di Olimpiade dengan 23 medali emas itu tercatat punya kecepatan terbaik 8 km/jam. Sementara itu, seekor hiu putih bisa berenang dengan kecepatan mencapai 40 km/jam. Meski demikian, pakar yang mendampingi Phelps menilai perenang Amerika Serikat itu punya daya tahan yang bisa membantu.

Meski menyadari peluangnya kecil, Phelps tetap mempersiapkan diri dengan maksimal. Phelps juga dibekali sebuah pakaian renang khusus dengan sirip di bagian kaki.

"Saya tahu ini akan sangat sulit. Bagi saya, bisa mempersiapkan diri dan siap secara mental untuk masuk ke air dengan hiu --di perairan terbuka, di habitat mereka-- saya pikir itu adalah sesuatu yang jelas berbeda dan menantang dari apa yang biasa saya lakukan. Saya tidak pernah mundur dari tantangan," ujar Phelps soal persiapannya seperti dilansir Vanity Fair.

Dengan teknologi komputer, aksi Phelps dan hiu itu kemudian digabungkan seolah keduanya sedang berenang bersisian. Si hiu mampu menyentuh garis finis dengan catatan waktu 36,1 detik, sementara Phelps lebih lambat dua detik dengan catatan waktu 38,1 detik.

The moment of glory for #TeamShark!!! #PhelpsVsShark #SharkWeek pic.twitter.com/NWYp1CwiRa

— Shark Week (@SharkWeek) July 24, 2017


Tak puas dengan hasilnya, Phelps 'menantang' untuk tanding ulang.

Rematch? Next time..warmer water. #SW30 @Discovery @SharkWeek

— Michael Phelps (@MichaelPhelps) July 24, 2017


"Tanding ulang? Lain kali...di air yang lebih hangat," tulis Phelps di akun Twitter-nya.

No comments:

Post a Comment